Top
My Views
  • 145
    register_1

    Bantuan > Regulasi > Launch Store > Persetujuan Penjual

    Mengimpor Barang Ke Indonesia

    Anggota yang mengimpor barang ke Indonesia dari negara lain, baik itu menjual atau membeli barang yang ada di blanja.com, bertanggung jawab untuk memastikan bahwa mengimpor jenis produk tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Hukum ini seringkali rumit, dan persoalan akan berbeda-beda tergantung pada barang apa yang diimpor dan di negara mana Pembeli dan Penjual tinggal.

    Melanggar kebijakan ini dapat berakibat pada beberapa tindakan, diantaranya:

    • Pembatalan katalog

    • Kehilangan pembayaran dari blanja.com

    • Hak yang terbatas pada akun

    • Penangguhan akun

    Beberapa Contoh

    Contoh beberapa barang yang menjadi subjek pembatasan impor:

    • Barang terkendali: Mesin hiburan, dengan koin atau cakram, termasuk pin-table, permainan tembakan dan mesin sinematografi, perlengkapan penggandaan untuk CD, DVD dan VCD.

    • Barang dilarang: Produk Pemantik Rokok dalam bentuk pistol atau revolver, petasan, permen rokok dan rokok imitasi, minuman keras dan rokok ditandai dengan “Pajak Indonesia Tidak Bayar” pada label, karton atau paketnya, dan permen karet

    • Barang dengan hak cipta: Pemilik hak cipta pada sastra, musik, film, perangkat lunak, video games, dan foto memiliki hak tertentu di bawah UU hak cipta di Indonesia untuk mencegah impor barang dengan hak cipta. Impor barang yang dibuat dengan persetujuan pemilik hak cipta di negara pembuatnya dibolehkan di Indonesia.

    • Barang bermerek:Pemilik merek dagang pada barang bermerek memiliki hak tertentu di bawah hukum Indonesia untuk mencegah impor atau pelanggaran dan barang palsu. Merek dagang terdaftar di Indonesia tidak dilanggar dengan penggunaan merek dagang yang berkaitan dengan barang yang telah dipasarkan, baik di Indonesia ataupun di luar Indonesia, menggunakan merek dagang itu dengan pemilik merek dagang terdaftar atau dengan persetujuan tersurat atau tersirat (bersyarat atau tidak)

    • Barang dengan paten: Pemilik paten memiliki hak tertentu di bawah hukum Indonesia untuk mencegah impor barang yang menggunakan teknologi dilindungi oleh paten Indonesia. Impor barang semacam itu ke Indonesia tanpa izin bisa disebut pelanggaran. Impor produk paten apa pun atau produk yang dimiliki dengan cara proses patennya atau untuk apa proses paten itu dipakai, yang diproduksi oleh atau dengan persetujuan (bersyarat atau tidak) pemilik hak paten (termasuk hak paten asing untuk produk yang sama atau selanjutnya sama) atau orang yang dikuasakan olehnya, selain produk farmasi paten, dibolehkan di Indonesia.

    Contoh potensi pelanggaran barang:

    • CD dan Video Musik Bajakan.

    • Video game player atau software dengan ‘crack’.

    Informasi Tambahan

    Beberapa alasan anggota harus memeriksa hukum yang berlaku sebelum mengimpor barang ke Indonesia:

    • Bea Cukai Indonesia berwenang untuk menyita barang apa pun apabila ia memiliki alasan yang kuat menyatakan itu illegal, dan anggota bisa didenda atau dikenakan sanksi lain karena penyitaan tersebut.

    • Anggota dapat dikenai kewajiban hukum dari pemilik merek dagang, hak cipta, atau hak terkait lainnya.

    • Anggota dapat dikenai kewajiban sipil atau criminal, tergantung jenis produk yang terkait.

    Informasi Tambahan

    blanja.com sangat menyarankan anggota agar meninjau dengan hati-hati Hukum Indonesia yang berlaku dan sumber informasi lainnya mengenai impor barang ke Indonesia, dan (bila perlu) konsultasi dengan ahli di bidang ini sebelum melakukan transaksi apa pun. Informasi dan tautan yang ada di bawah sebagai permulaan untuk membuat anggota dapat dengan cepat mengenal beberapa peraturan yang ada.

    Mengapa blanja.com Memiliki Kebijakan Ini?

    blanja.com menghimbau para Penjual dan pembelinya agar mematuhi semua hukum dan peraturan pemerintah, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Karena impor dan ekspor barang diatur dengan ketat oleh pemerintah Indonesia atau bisa membahayakan blanja.com atau anggotanya, anggota harus mempelajari sendiri tentang hukum yang mengatur impor dan ekspor barang sebelum mencantumkan barang tersebut pada katalog di blanja.com

    LOADING