• 144
    register_1

    Bantuan > Regulasi > Daftar Isi Perjanjian Pengguna

    Kebijakan Praktik Penjualanan

    Apa Itu Merek Dagang?

    Merek dagang adalah nama atau logo yang digunakan oleh perusahaan untuk identitas barang atau jasa mereka. Sebagai contoh, blanja.com® adalah nama dari perusahaan kami, tetapi itu juga termasuk merek dagang yang digunakan di situs web kami dan bermacam-macam produk blanja.com. Coca Cola® adalah merek dagang yang digunakan untuk penjualan minuman ringan. Banyak merek dagang yang di registrasi, tetapi merek dagang tidak perlu didaftarkan oleh pemilik untuk menjaganya. Hukum merek dagang dirancang terutama untuk menjaga konsumen dari kebingungan barang dan jasa antara satu perusahaan dengan yang lain.

    Apa itu Pelanggaran Merek Dagang ?

    Pelanggaran merek dagang biasanya melibatkan barang atau jasa merek dagang seseorang yang akan membingungkan orang lain mengenai sumber dan hubungan dari barang atau jasa. Sebagai contoh, jika seorang penjual yang tidak sah atau tak berhubungan dengan Nike® menjual baju olahraga bernama "Nikestuff" si penjual mungkin melanggar merek dagang Nike. Banyak cara untuk melanggar nama dagang termasuk mendaftarkan nama domain yang pada intinya namanya mirip dengan nama pemilik merek dagang.

    Nama Domain Dan Pelanggaran Merek Dagang

    Nama domain adalah alamat yang dapat digunakan untuk identifikasi dan mencari lokasi komputer yang berada di Internet (sebagai contoh www.blanja.com Beberapa perusahaan mendaftarkan nama domain yang mengandung merek dagang mereka. Sebagai contoh, blanja.com memiliki www.blanja.com.com.sg. Perusahaan Coca Cola Company memiliki www.cocacola.com dan www.coke.com.

    Jika seseorang mengoperasikan situs web dengan menggunakan nama domain yang mengandung merek dagang orang lain (sebagai contoh, "www.nikestuff.com"), orang yang melihat atau berkunjung ke nama domain tersebut akan kebingungan dan percaya bahwa itu adalah situs web yang berhubungan dengan Nike padahal bukan. Orang mungkin akan salah masuk ke situs web ini dan berpikir ini berhubungan dengan perusahaan lain, untuk memastikan dia tidak salah. Salah ejaan yang disengaja dan kesamaan dengan nama merek dagang (contoh, www.blanja.com, www.amizon.com) bisa dibilang pelanggaran merek dagang juga. Hanya kerena perusahaan belum mendaftarkan semua variasi dari nama atau merek dagang sebagai nama domain bukan berarti orang lain dapat menggunakan nama domain tersebut. Jika nama domain membingungkan konsumen, mungkin mereka melakukan pelanggaran.

    ‘Cybersquatting’ Dan Pelanggaran Nama Domain

    Indonesia tidak memiliki spesifikasi hukum untuk nama-nama domain.

    Regulasi untuk penyerobotan nama domain (cybersquatting) dan pelanggaran merek dagang diatur berdasarkan Regulasi Pemerintah No. 82 Tahun 2012 (Artikel 77) dan Hukum No. 15 tahun 2002 pada merek dagang. Penting: Informasi ini tidak bermaksud sebagai nasihat legal. Jika anggota menyangsikan tentang bagaimana sebuah barang atau nama domain dapat dijual di blanja.com, blanja.com menganjurkan anggota tersebut menghubungi pemilik merek dagang atau berkonsultasi dengan pengacara.

    Melaporkan Barang yang diragukan ke blanja.com

    Deskripsi barang dan pencuri gambar: Anggota komunitas dapat melaporkan katalog yang menggunakan tulisan atau gambar yang mempunyai hak cipta tanpa izin.

    Menjaga Hak kekayaan intelektual: pemilik hak kekayaan intelektual dapat melaporkan barang yang diduga melanggar hak mereka.

    LOADING